Kamis, 31 Januari 2013

Mengoperasikan sistem operasi berbasis teks


Mengoperasikan sistem operasi berbasis teks

Click to get cool Animations for your MySpace profile
Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras   komputer.   Sebelum   ada   sistem   operasi,   orang   hanya   menggunakan   komputer   dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh  sumber-daya  yang  terdapat  pada  sistem  komputer  dan  menyediakan  sekumpulan  layanan (system call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan sertas pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Sistem  operasi  mempunyai  tiga  sasaran  utama  yaitu  kenyamanan  (membuat  penggunaan komputer  lebih  nyaman),  efisien  (penggunaan  sumber-daya  sistem  komputer  secara  efisien),  dan mampu berevolusi (system operasi harus dibangun sehingga  memungkinkan  dan memudahkan  dalam pengembangan, pengujian serta pengajuan system-sistem yang baru).
DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi   pertama yang dijalankan pada computer IBM PC kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft.  Saat  ini,  meskipun  Microsoft  telah  mengeluarkan  WINDOWS,  tetapi  aplikasi  DOS  tetap disertakan.
1.  Cara Kerja Sistem Operasi
Proses  mengkatifkan  DOS  akan  terjadi  pada  saat  komputer  dinyalakan  (power  switch  pada posisi ON) dan terjadilah proses “BOOTING”. Ada dua cara mengaktifkan system operasi :
a.    Cold Booting yaitu booting dilaksanakan pada saat computer tidak aktif (power switch pada posisi OFF) lalu dinyalakan/dihidupkan (power switch pada posisi ON).
b.    Warm  Booting  yaitu  booting  yang  dilaksankan  pada  saat  computer  sedang  dijalankan,  yaitu dengan cara menekan tombol Reset atau [Ctrl]+[Alt]+[Del]
Command (perintah) DOS for windows
Bila Kamu telah menyalakan/hidupkan  komputer, pada  komputer yang memiliki sistem operasi Windows didalamnya sudah ada program DOS. Sekarang coba lakukan langkah untuk membuka DOS: Langkah 1. Untuk Windows 9x, Me lakukan  klik [Start] , [Program], [MS DOS prompt] , maka akan tampil di layar :

C:\Documents and Setting\Zidni>_ (layar hitam tulisan putih) bila ingin kembali ke windows ketik EXIT Inilah yang disebut  Mode Dos Prompt
Untuk  Windows XP, lakukan  klik  [start],  [All programs], [Accessories], [Command Prompt], maka akan tampil di layar : C:\Documents and Setting\Zidni>_ (layar hitam tulisan putih) bila ingin kembali ke windows ketik EXIT Inilah yang disebut  Mode Dos Prompt
Beberapa command prompt penting yang ada dalam DOS Ada dua macam pembagian perintah dalam DOS, yaitu :
A. Internal Command Yaitu perintah-perintah yang dapat dijalankan langsung dari prompt hanya dengan file command.com (bersama IO.SYS dan MSDOS.SYS tentunya).
a). DIR, berfungsi untuk melihat isi atau nama file dalam suatu disket atau hard disk.
Contohnya:  C:\DIR            enter atau
A:\Dir            enter atau
C:\Dir A:           enter,
C:\DIR/W         enter, menampilkan daftar file ditampilkan horizontal
C:\DIR/P enter, daftar file ditampilkan vertikal
C:\DIR*.COM enter, menampilkan file-file berketensi (berakhiran COM) di drive C C:\DIR BASS ??.* enter, menampilkan file-file yang mewikili karakter
b). CLS, berfungsi untuk menghapus semua tampilan di layar dan meletakkan prompt C:\ kembali ke ujung kiri atas.
Coba praktikkan lalu amati apa yang terjadi
C:\CLS enter
Masih ada perintah internal yang harus kamu coba di langkah berikutnya, di bawah ini terdapat perintah-perintah internal dan cobalah untuk mempraktikkannya semua lalu amati apa yang terjadi.
Praktikkan perintah-perintah sebagaimana dalam kolom di bawah ini, caranya sama seperti yang pernah kamu coba di point a dan b.
Tabel-1 . Beberapa Perintah Internal Dalam DOS
VERMengetahui versi DOS atau disket lainnya yang sedang aktif
DIRMelihat isi dari sebuah directory  dir/w  = menampilkan isi dari sebuah directory secara melebar di layar
dir/p   = menampilkan isi dari sebuah directory halaman demi  halaman dir/p/w = menampilkan isi sebuah directory
DATEUntuk manmpilkan tanggal atau merubahnya
TIMEUntuk menampilkan waktu/jam
VOLUntuk melihat volume disket
COPYUntuk menyalin suatu file ata isi disket  Misalnya:
A:\COPY*.* c: enter (mengkopy semua file dari disket A: ke drive C:) A:\copy surat.dok D: enter (mengkopi file surat di drive D:)
ERASE atau  DELUntuk menghapus semua file atau semua file  Misalnya C:\del *.* A: enter (menghapus semua file di disket pada drive A:) A:\del surat.dok enter (menghapus file surat di drive A:)
RENUntuk mengganti atau mengubah nam sebuah file  Misalnya : A:\ren surat.dok file.dok enter (mengganti nama file surat menjadi file)
PROMPTMengubah nama prompt  Caranya : C:\prompt C:\val
TYPEMelihat Isi file  Caranya A:\Type surat enter
COPY CONUntuk membuat file  Caranya A:\copy con surat enter
CLSMenghapus semua tam[ilan di layer dan meletakkan prompt kembali ke ujung kiri
B. External Command yaitu perintah-perintah yang memerlukan file perintah eksternal untuk menjalankannya. Khusus DOS yang bootingnya menggunakan disket, maka sebelum menulis perintah eksternal disketnya harus dimasukkan ke diskdrive komputer. Jika bootingnya lewat OS windows, perintah ini bisa langsung diketik, karena file-file perintah eksternal ini sudah ada dalam komputer (windows).
Tabel-2 . Beberapa Perintah Eksternal Dalam DOS
DELTREEMenghapus direktori tanpa mengosongkan dulu isinya
XCOPYMeng-copy direktori termasuk isi subdirektorinya
EDITMerupakan text-editor yang disediakan oleh DOS
FORMATmemformat drive yang dimaksud
FDISKMengkonfigurasi partisi sebuah hard disk
CHKDSKMemeriksa kondisi hard disk
CD..Untuk berpindah direktori
MD atau MKDIRMembuat direktori atau subdirektori
FORMATmemformat drive yang dimaksud
LABELMembuat, mengubah atau menghapsu nama disk (volume label)
2.  Latihan Soal-soal :

1.      Bagaimana cara kerja sistem operasi dalam computer ?
2.      Apa perbedaan antara Cold Booting dan Warm Booting ?
3.      Apakah yang disebut dengan Internal command dan berilah contohnya !
4.      Apakah yang disebut dengan External command dan berilah contohnya !
5.      Apa saja sasaran Sistem operasi ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar